Friday, 14 June 2013

Desain Mushola Dalam Rumah

Kehadiran mushola di dalam rumah tinggal sering dianggap tidak terlalu penting ketika membuat perencanaan ruang untuk rumah tinggal. Padahal jika kita pintar mengakalinya, desain mushola rumah bisa dibuat walaupun pada lahan terbatas sekalipun.
Desain mushola rumah bisa dibuat sesuai jumlah anggota keluarga inti atau jumlah penghuni rumah tinggal apabila dihuni oleh keluarga besar. Ukuran untuk satu sajadah orang dewasa kira - kira 0,6 m x 1,1 m = 0,66 m2, jadinya tinggal dikalikan saja dengan banyaknya penghuni rumah yang akan shalat dan penting juga untuk menambahkan 25% - 35% dari hasil perhitungan tersebut untuk sirkulasi ruang.

Penempatan ruang mushola bisa didekat kamar tidur atau berada di area publik seperti di dekat ruang tamu atau keluarga. Untuk rumah tinggal dengan lahan terbatas seperti rumah mungil, mushola dapat memanfaatkan sebuah ruang yang difungsikan serbaguna seperti ruang belajar, ruang keluarga atau ruang lain yang memungkinkan untuk difungsikan serbaguna. Tentunya akan lebih baik apabila di desain bisa meminimalisir pemindahan furnitur / perabot rumah ketika akan difungsikan sebagai mushola.

Menata sendiri interior rumah tinggal dalam hal ini ruang mushola, tentunya juga memerlukan pemilihan aksesori interior yang tepat yang bisa mendukung suasana ritual shalat dan berdo'a supaya menjadi lebih khusyuk. Ada baiknya untuk menghindari penempatan aksesori gambar / tulisan yang mencolok.

beberapa contoh mushola dalam rumah :


 contoh mushola
 contoh mushola
 contoh mushola

contoh mushola

0 comments :

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blog Archive

Copyright © 2012. Desain Rumah Minimalis - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz